Laporan Wisata Edukasi

Laporan Wisata Edukasi Hai! Ini farhan! Ini hari pertamaku di blogger .com! Hari ini aku akan menceritakan tentang wisata edukasiku! kalau mau tahu, baca saja di bawah ini! Laporan Pengalaman Pariwisata Edukasi Kelas 7 Pukul 06.30-07.00 Setelah sampai di sekolah, aku menunggu dekat lapangan SMP. Setelah siswa-siswi kelas 7 dan kelas 9 berkumpul, diadakan Apel Pembukaan Pariwisata Edukasi kelas 7 dan Pariwisata TO kelas 9, walaupun seringkali siswa-siswi kedua angkatan sering ngobrol dengan ribet. Sebelum kelas 7 diarahkan ke bis pariwisata masing-masing kelas, aku pergi ke WC untuk pipis. Aku hampir saja ketinggalan bis pariwisata kelasku, yaitu bis pariwisata No. 04. Setelah semua siswa-siswi kelas 7 telah duduk di bis pariwisata masing-masing, kita berangkat meninggalkan Labschool menuju PUSPIPTEK Serpong. Kami semua baca doa naik kendaraan. Aku membuka kantong makanan ringan berisi popcorn rasa garam dan lada merek Popcorn New York dan mulai memakan popcorn yang gurih nan nikmat tersebut. Pukul 07.00-09.00 Setelah berangkat dari Labschool, konvoi bis pariwisata kelas 7 berjalan menyusuri tol-tol utama Jakarta menuju PUSPIPTEK Serpong. Kita semua dibagikan LKS (Lembar Kerja Siswa) Selagi berjalan, aku menghabisi kantong popcorn yang kumakan selagi dalam bis dan membaginya kepada teman-teman. Beberapa teman bilang kepadaku bahwa popcorn ini rasanya kayak Indomie. Rupanya selain garam dan lada, ada bumbu yang ditambahkan kedalam popcorn, yaitu bumbu bawang Bombay, bumbu bawang putih, dan bumbu paprika. Pantesan rasanya kayak Indomie! Selama itu, konvoi bis pariwisata kelas 7 berjalan menyusuri jalan tol utama Jakarta Utara, lalu keluar dari jalan tol utama saat dekat dengan bandara Soekarno-Hatta, kemudian berjalan menyusuri jalan tol yang aku tak kenal. Yang aku tahu, setelah menyusuri jalan tol yang aku tak kenali tu, kita telah sampai di PUSPIPTEK Serpong. Pukul 09.00-10.00 Setelah sampai di PUSPIPTEK Serpong, kita semua berjalan menuju gedung display PUSPIPTEK Serpong. Di sana kita semua berkumpul di sebuah ruang yang besar dan luas, dengan sebuah anak tangga raksasa yang berfungsi sebagai tempat duduk. Kita semua duduk di anak tangga raksasa itu, namun anehnya banyak siswa-siswi kelas 7 yang harus disuruh untuk duduk di depan karena mereka pada kumpul di belakang. Setelah semua siswa-siswi diam, diadakan acara pengenalan PUSPIPTEK. Saat diberi giliran siswa-siswi kelas untuk bertanya tentang PUSPIPTEK, aku yang pertama maju mengajukan pertanyaan. Aku bertanya apa PUSPIPTEK itu fasilitas penelitian karena pembawa acaranya bilang bahwa tempat ini hanya mencari solusi untuk masalah-masalah umum yang ada di masyarakat, bukan membuat barang-barang baru seperti yang dilakukan pabrik. Lalu Zidan bertanya apa ada tempat penelitian luar angkasa di PUSPIPTEK Serpong. Kemudian Jordan bertanya apa PUSPIPTEK Serpong dibiayai pemerintah. Jawaban untuk pertanyaan ku adalah: Iya PUSPIPTEK Serpong adalah tempat penelitian. Sementara jawaban untuk pertanyaannya Zidan adalah: Tidak di PUSPIPTEK Serpong tidak ada tempat penelitian luar angkasa. Dan jawaban untuk pertanyaannya Jordan adalah: Tidak PUSPIPTEK Serpong tidak dibiayai pemerintah. Setelah itu kita semua menonton video tentang sejarah PUSPIPTEK Serpong dan harapannya untuk masyarakat. Setelah itu semua siswa-siswi kelas 7 diantar ketempat penelitian sesuai kelas masing-masing. Pukul 10.00-13.30 Kelas 7D diantar ke Bioteknologi-BPPT. Namun, entah kenapa, ada penundaan. Sehingga kita terlambat diantar ke Bioteknologi-BPPT. Kita berpakaian jas laboratorium selagi di bis. Di sana kita mengetahui bahwa visi Bioteknologi-BPPT adalah untuk membuat obat bagi masyarakat dari mikroba. Di sana kita melihat laboratorium tempat mikroba diproses dan di analisis. Lalu kita diantar ke ruang pemeriksaan bioreaktor dimana kita bisa melihat bioreaktor sedang bekerja. Setelah itu, kita diantar ke screenhouse dimana kita melihat penanaman tanaman setek baru yang ditutupi lembaran plastik berwarna putih. Serta penanaman tanaman berbagai jenis, di berbagai media tanam, seperti bebatuan, arang, sabut kelapa, dll. Selama itu, aku mengisi LKS-ku. Ternyata kalau tumbuhan dilindungi lembaran plastik, maka tumbuhan akan hangat, yang akan membantunya tumbuh. Setelah berkeliling Bioteknologi-BPPT, kita berfoto di depan Bioteknologi-BPPT dan kembali ke bis pariwisata untuk pergi ke gedung display untuk buang air. Aku pipis di WC gedung tersebut. Setelah itu, kita disuguhkan KFC untuk makan siang. Aku menghabiskan banyak saus pedas selagi menghabisi makanan KFC tersebut. Setelah itu, kita semua pergi ke TMII. Selagi dalam perjalanan, aku bagikan cokelat merek Silver Queen yang kubawa kepada teman-temanku. Pukul 13.30-17.30 Setelah sampai di TMII, konvoi-konvoi bis pariwisata kelas 7 menepi di tempat-tempat ibadah. Aku shalat Zhuhur di masjid Pangeran Diponegoro bersama kebanyakan teman-teman yang beragama Islam karena aku juga beragama Islam. Setelah itu, aku bersama teman-teman berkumpul di auditorium SKYWORLD untuk menonton video tentang alam semesta yang sangat luas. Setelah itu, kita semua berjalan melalui sebuah jalur yang tidak teratur, menyusuri semua informasi-informasi luar angkasa yang dipajang di sana. Dari informasi umum tentang tata surya, ke orang-orang Indonesia yang terlibat dalam hal-hal yang berhubungan dengan luar angkasa, sampai ke film-film sains fiksi yang populer di dunia. Selagi itu aku mengisi LKS-ku. Setelah itu kita semua pergi ke tempat film lima dimensi. Sejujurnya aku kurang puas dengan tempat film lima dimensi itu karena ruangnya kecil, jadi terasa kurang realistis. Setelah nonton film lima dimensi, kita semua beristirahat di cafe yang disediakan di SKYWORLD dan disajikan potongan pizza gratis. Mengingat kelihatannya sudah hampir pukul 17.00, aku bertanya kepada Bu Wiwit apa kunjungan ke Dunia Air Tawar tetap dilaksanakan mengingat ada halaman LKS untuk kunjungan ke Dunia Air Tawar. Bu wiwit menjawab bahwa kunjungan ke Dunia Air Tawar dibatalkan karena kelamaan di SKYWORLD. Karena itu, bagian Dunia Air Tawar di LKS tidak terisi sama sekali Selama itu, aku menyadari bahwa aku lupa membawa dompetku untuk jajan. Yah! Gak beli apapun deh! Setelah itu kita semua pergi ke planetarium dimana kita semua melihat konstelasi bintang dan matahari yang sangat luar biasa. Setelah itu kita semua kembali ke area masuk SKYWORLD lewat tangga. Karena kelamaan di SKYWORLD, kita semua langsung naik bis untuk beribadah. Ternyata di luar hujannya deras sekali. Pukul 17.30-19.30 Setelah sampai di dekat tempat-tempat beribadah, semua siswa-siswi kelas 7 pergi ke tempat ibadah mereka masing-masing. Aku memakai payungku untuk mencapai masjid Diponegoro. Aku shalat Ashar sendiri di Masjid Pangeran Diponegoro karena aku tidak menjamak shalat Zhuhur dan Asharku. Setelah itu aku duduk di lantai Masjid Diponegoro untuk menunggu waktu shalat Maghrib. Setelah adzan Maghrib berkumandang, aku shalat Qabliyah Maghrib. Lalu aku shalat Maghrib berjamaah bersama teman-teman lain yang Muslim. Setelah shalat Maghrib bersama teman-teman, kita semua keluar untuk memakai sepatu dan kembali ke bis pariwisata. Setelah sampai di bis pariwisata No. 04, aku menutup payungku walaupun payungku susah ditutup karena basah, dan duduk di kursi bis. Setelah semua siswa-siswi kelas 7 sudah berada di bis pariwisata masing-masing, kita semua berjalan pulang kembali ke Labschool. Walaupun teman-teman menginginkan jalanan untuk macet parah, jalanan baru macet parah saat sudah dekat dengan Labschool. Walaupun pulangnya tetap saja cukup larut. Akhirnya sampai juga di Labschool. Tinggal perjalanan pulang aja! Bagaimana cerita wisata edukasi kalian? Seru nggak? Ayo tunjukkan certia wisata edukasi kalian!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labschool Rumah Keduaku

LIBURAN DAN INFORMATIKA

Pentas Seni SMP Labschool Jakarta