MANFAAT INFORMATIKA BAGI DIRIKU



Apa itu informatika?

Arti Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang informasi dan penggunaannya pada mesin komputasi. Informatika mencakup ilmu dan sistem informasi, serta ilmu dan manajemen informasi.

Jadi kurang lebih Informatika adalah ilmu pemindahan dan pengolahan informasi dan data.

Pertama kali aku mengenal informatika adalah ketika aku masuk tingkat Sekolah Dasar Islam At-Taqwa, ketika aku mulai belajar menggunakan komputer dan program yang ada di dalamnya, seperti Paint. Nah, program seperti Paint memungkinkan kamu untuk menggambar, memasukkan bentuk yang ditentukan sebelumnya, mewarnai, menghapus, mengubah posisi gambar, menduplikasikan gambar, dan sebagainya pada sebuah kanvas berwarna putih. Itu sudah bisa dibilang bagian dari informatika karena melibatkan pengolahan data berupa apa yang dibuat di kanvas putih yang disediakan, apa yang dipilih untuk membuat 'gambar' tersebut, dan sebagainya.

Selama masa SD, aku menggunakan berbagai program di komputer, seperti Adobe Macromedia Flash, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan sebagainya. Setiap aplikasi memiliki fungsinya sendiri. Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen teks, Microsoft Power Point berfungsi untuk membuat presentasi, dan sebagainya.

Saat masuk SMP Labschool Jakarta, aku belajar sesuatu yang membantuku menggunakan Internet lebih banyak; blogging. Diajari seorang guru bernama Wijaya Kusumah, Aku belajar tentang blogging dan berbagai penggunaannya. Aku juga belajar menggunakan Photoshop lewat tugas - tugas cover buku yang dikirimkan Pak Wijaya. Aku juga membuat sebuah akun Gmail; Gmail adalah sebuah situs untuk mengirim dan menerima pesan, serta mengirim informasi bersamanya.

Apa saja efek posistifnya?

Pertama,
Ini bisa membantu untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan. Kamu bisa menemukan hal-hal baru di Internet. Seperti resep makanan yang belum pernah kamu lihat, kerajinan yang kamu belum pernah lihat, binatang yang belum pernah kamu lihat, dan sebagainya.

Kedua,
Dapat bersosialisasi dengan orang lain. Membuat blogpost atau proyek lain, ada kemungkinan kamu perlu bersosialisasi dengan orang lain. Mungkin untuk mengirim materi untuk sebuah proyek, atau mungkin untuk melepaskan stress.

Ketiga,
Dapat meningkatkan kreativitas. Dengan berbagai aplikasi yang tersedia di komputer dan Internet, kamu dapat mengasah kreativitasmu dan bersaing dalam dunia informatika.

Keempat,
Meningkatkan minat membaca. Ketika mencari informasi yang kamu butuhkan, kemungkinan kamu perlu membaca suatu artikel agar bisa mendapatkan informasi yang kamu perlukan. Ini bisa mengasah kemampuan membacamu dan menambah wawasanmu.


Tapi, apapun yang ada, bahkan informatika, ada sisi negatifnya.

Apa saja efek negatifnya?

Pertama, banyak hal yang mengalihkan.
Kalau menggunakan komputer untuk mengerjakan sesuatu, kemungkinan kamu pergi mencari hal-hal yang kamu butuhkan di internet. Lalu kamu mulai bosan dan mulai mencari sesuatu yang lain, seperti game. Lalu kamu teralihkan dan jadinya... kerjaanmu tidak selesai tepat waktu.

Kedua, konten tidak sesuai.
Ini juga bisa terjadi ketika mencari hal-hal yang dibutuhkan di internet. Ada kemungkinan kamu akan menemukan konten dewasa ketika sedang mencari apa yang kamu butuhkan, lalu tahu-tahunya kamu tidak selesai tepat waktu mengerjakan tugasmu dan sebagainya. Ditambah bisa merusak otak.

Ketiga, mengunduh aplikasi-aplikasi yang kamu sebenarnya tidak perlu.
Memori yang terdapat di komputer terbatas. Bila mengunduh aplikasi yang tidak penting dan tidak perlu, maka memori untuk aplikasi yang memang penting dan perlu akan cepat habis. Ini bisa sangat mengganggu apabila kamu perlu sebuah aplikasi untuk apa yang sebenarnya kamu perlu lakukan.


Nah, dengan efek-efek negatif yang kusebutkan, kamu mungkin bingung bagaimana caranya agar bisa menghindarkan diri dari efek-efek negatif yang kusebutkan tadi? Atau juga meningkatkan efek positif yang kusebutkan tadi?

Ada satu cara; Kontrol diri.

Kontrol apa yang kamu lakukan di Internet. Hanya mencari di Internet yang kamu butuhkan. Hanya pergi ke akun emailmu apabila ada sesuatu yang penting yang harus dilakukan segera. Hanya gunakan aplikasi yang diperlukan, dan hanya gunakan apabila perlu untuk sebuah kewajiban. Tahu kapan harus mengerjakan kewajiban, tahu kapan boleh menggunakan untuk hiburan.


Demikianlah, jadi aku mengambil kesimpulan bahwa mata pelajaran Informatika bertujuan agar  Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dalam dunia informatika. Agar kita bisa menjadi negara yang berpendidikan dalam teknologi seperti mereka. Maka kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalani mata pelajaran ini agar kita bisa bersaing dalam dunia informatika.








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labschool Rumah Keduaku