Sesuatu Tentang Ekskulku

Halo, nama saya Farhan! Hari ini aku akan menceritakan tentang salah satu ekskul kelas 7 ku. Yaitu Robotik.

Selama ekskul Robotik, aku mempunyai pengalaman yang cukup menyenangkan.Aku berkelompok sama Raynee, Bariq, dan Lantip. Merakit robot cukup merepotkan, tapi hasilnya cukup menyenangkan untuk dilihat. Seperti robot mobil yang mengikuti jalan menggunakan sebuah photosensor yang mendeteksi cahaya. Contoh lain dari proyek yang cukup menyenangkan adalah proyek kalkulator yang bisa menambah dan mengurangi angka, lengkap dengan tampilan hasil kalkulator.

Robotik tidak hanya merakit mesin saja, ada juga membuat benda-benda keseharian dalam software aplikasi Robo Pro seperti kalkulator yang tadi kusebutkan, dan lampu lalu lintas. Seringkali, kita juga merakit sebuah mesin yang dikontrol software RoboPro. Misalnya palang lalu lintas yang terdapat di tempat parkir, dimana palang tersebut bergerak hingga mengenai sebuah saklar yang menyebabkan palang tersebut berhenti, lalu bergerak kearah sebaliknya sampai mengenai sebuah saklar dan berhenti. Lalu ada sistem kunci kombinasi dimana sistem tersebut harus dimasukkan kombinasi saklar yang tepat agar bisa menyalakan lampu.

Selama ekskul, kita menggunakan bagian-bagian robot dari Fischer-Tehnik, sebuah perusahaan Jerman yang membuat paket membuat robot. Fischer-Tehnik juga memiliki aplikasi komputernya sendiri, yaitu RoboPro, sebuah editor program mesin. Ekskul Robotik disediakan beberapa paket pembuatan robot, yang lengkap dengan sebuah papan berlubang untuk membuat mesin yang butuh sebuah dasar, sebuah papan sirkuit untuk menghubungkan mesin dengan komputer yang memuat software RoboPro, sebuah baterai untuk memberi tenaga listrik kepada papan sirkuit dan mesin yang dirakit, serta beberapa kabel untuk menghubungkan bagian mesin dan baterai ke papan sirkuit serta komputer. Di RoboPro, terdapat berbagai elemen program yang melakukan berbagai fungsi. Ada fungsi Start dan Stop, yang memulai dan menghentikan program yang dijalankan, lalu ada elemen Delay, yang menunda dijalankan elemen program berikutnya, elemen Branch, yang mengarahkan aliran program kedua arah berbeda tergantung kondisi elemen Branch, yang ditentukan secara analog atau secara digital.

Kadang kadang, kita mengadakan turnamen kecil berupa balapan mobil. Mobil yang digunakan terbuat dari bagian-bagian mesin Fischer-Tehnik dan sudah dirakit. Mobil tersebut dikontrol menggunakan aplikasi controller Fischer-Tehnik yang terdapat di Android. Setiap siswa mengontrol satu mobil. Setiap babak merupakan balapan antara dua siswa. Setiap babak membutuhkan siswa untuk mengelingi bagian dalam kelas sebanyak dua kali. Yang melakukan itu paling cepat menang dan naik ke posisi yang lebih tinggi di pohon turnamen. Yang mencapai puncak menjadi pemenang turnamen. Turnamen tersebut cukup menyenangkan, karenakontrol mobil-mobil tersebut dan lingkungan balapan dapat membuat balapan tak terduga.

Itulah mengapa bagiku, Robotik menyenangkan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labschool Rumah Keduaku

LIBURAN DAN INFORMATIKA

Pentas Seni SMP Labschool Jakarta