Sesuatu Tentang Ekskulku
Halo, nama saya Farhan!
Hari ini aku akan menceritakan tentang salah satu ekskul kelas 7 ku. Yaitu Robotik.
Selama ekskul Robotik,
aku mempunyai pengalaman yang cukup menyenangkan.Aku berkelompok sama Raynee,
Bariq, dan Lantip. Merakit robot cukup merepotkan, tapi hasilnya cukup menyenangkan
untuk dilihat. Seperti robot mobil yang mengikuti jalan menggunakan sebuah photosensor
yang mendeteksi cahaya. Contoh lain dari proyek yang cukup menyenangkan adalah proyek
kalkulator yang bisa menambah dan mengurangi angka, lengkap dengan tampilan hasil
kalkulator.
Robotik tidak hanya merakit
mesin saja, ada juga membuat benda-benda keseharian dalam software aplikasi Robo
Pro seperti kalkulator yang tadi kusebutkan, dan lampu lalu lintas. Seringkali,
kita juga merakit sebuah mesin yang dikontrol software RoboPro. Misalnya palang
lalu lintas yang terdapat di tempat parkir, dimana palang tersebut bergerak hingga
mengenai sebuah saklar yang menyebabkan palang tersebut berhenti, lalu bergerak
kearah sebaliknya sampai mengenai sebuah saklar dan berhenti. Lalu ada sistem kunci kombinasi dimana sistem tersebut harus dimasukkan kombinasi saklar yang tepat agar bisa menyalakan lampu.
Selama ekskul, kita menggunakan
bagian-bagian robot dari Fischer-Tehnik, sebuah perusahaan Jerman yang membuat paket
membuat robot. Fischer-Tehnik juga memiliki aplikasi komputernya sendiri, yaitu
RoboPro, sebuah editor program mesin. Ekskul Robotik disediakan beberapa paket pembuatan
robot, yang lengkap dengan sebuah papan berlubang untuk membuat mesin yang
butuh sebuah dasar, sebuah papan sirkuit untuk menghubungkan mesin dengan komputer
yang memuat software RoboPro, sebuah baterai untuk memberi tenaga listrik kepada
papan sirkuit dan mesin yang dirakit, serta beberapa kabel untuk menghubungkan
bagian mesin dan baterai ke papan sirkuit serta komputer. Di RoboPro, terdapat berbagai
elemen program yang melakukan berbagai fungsi. Ada fungsi Start dan Stop, yang
memulai dan menghentikan program yang dijalankan, lalu ada elemen Delay, yang
menunda dijalankan elemen program berikutnya, elemen Branch, yang mengarahkan aliran
program kedua arah berbeda tergantung kondisi elemen Branch, yang ditentukan secara
analog atau secara digital.
Kadang kadang, kita mengadakan
turnamen kecil berupa balapan mobil. Mobil yang digunakan terbuat dari
bagian-bagian mesin Fischer-Tehnik dan sudah dirakit. Mobil tersebut dikontrol menggunakan
aplikasi controller Fischer-Tehnik yang terdapat di Android. Setiap siswa mengontrol satu mobil. Setiap babak merupakan balapan
antara dua siswa. Setiap babak membutuhkan siswa untuk mengelingi bagian dalam
kelas sebanyak dua kali. Yang melakukan itu paling cepat menang dan naik ke
posisi yang lebih tinggi di pohon turnamen. Yang mencapai puncak menjadi
pemenang turnamen. Turnamen tersebut cukup menyenangkan, karenakontrol
mobil-mobil tersebut dan lingkungan balapan dapat membuat balapan tak terduga.
Itulah mengapa bagiku,
Robotik menyenangkan.
ekskul yg keren
BalasHapus