Apa itu Bebras?


Apa itu Bebras?

            Bebras adalah sebuah inisiatif international untuk mempromosikan informatika dan pemikiran komputational antara murid-murid segala usia. Peserta Bebras biasanya diawasi guru-guru yang menerapkan Bebras dalam pembelajaran mereka. Tantangan Bebras dilakukan di sekolah menggunakan smartphone atau komputer.

            Berpikir Komputasional

            Berpikir komputasional melibatkan penggunaan seperangkat keterampilan dan teknik pemecahan masalah yang digunakan insinyur perangkat lunak untuk menulis program dan aplikasi. Tantangan Bebras mempromosikan keterampilan pemecahan masalah dan konsep-konsep Informatika termasuk kemampuan untuk memecah tugas-tugas kompleks menjadi komponen yang lebih sederhana, desain algoritma, pengenalan pola, generalisasi pola dan abstraksi.

            Minggu Bebras Dunia

Minggu Bebras Dunia merupakan minggu untuk melakukan tugas Bebras. Minggu tersebut ditetapkan pada minggu kedua November. Beberapa negara memanjangkan masa tersebut menjadi dua minggu. Banyak negara menjalankan aktivitas Bebras sepanjang tahun, seperti acara untuk penghargaan, workshop, dan riset.

Tantangan Bebras

Tantangan Bebras adalah tantangan yang terbuat dari seperangkat soal bernama soal Bebras. Soal Bebras berisi masalah yang berdasarkan masalah yang sering dihadapi programmer dan ilmuwan komputer. Soal-soal tersebut dibuat menyenangkan dan ramah bagi anak-anak agar anak-anak bisa mengerti konsep dibalik soal tersebut.

Soal Bebras bertujuan untuk mendorong siswa untuk berpikir tentang informatika. Soal-soal tersebut dibuat menggunakan konten ramah anak untuk memotivasi anak-anak untuk menghadapi informatika dan berpikir lebih dalam tentang teknologi. Soal Bebras mencakup berbagai bidang konsep informatika seperti algoritma dan program, struktur-sturktur data, alur kendali dan data, interaksi antara manusia dan komputer, dll.

Selama tantangan, setiap peserta memiliki 45 menit untuk menyelesaikan 18 masalah dari berbagai tingkat kompleksitas: 6 masalah untuk 3 poin, 6 - untuk 4 poin, dan 6 - untuk 5 poin. Jawaban yang benar menambahkan poin sebanyak yang ditunjukkan untuk soal tersebut, jawaban yang salah mengurangi sebanyak25% dari poin yang ditunjukkan (yaitu - 0,75, - 1, dan - 1,25 poin, masing-masing), soal yang tidak terjawab memberikan 0 poin. Untuk menghindari hasil negatif, setiap peserta harus mulai memiliki jumlah poin yang sama dengan jumlah total masalah.

Setiap kelompok diberi dua jam untuk melakukan tantangan, mengumpulkan hasilnya, dan mengirimkannya ke penyelenggara. Hasil awal dihitung dan diumumkan keesokan harinya. Semua peserta tantangan dan penyelenggara lokal menerima sertifikat terima kasih dari Bebras Organizing Committee. Pemenang dari setiap kelompok usia, serta para pemenang lainnya dari masing-masing kelas, dihadiahkan dengan ijazah Bebras dan hadiah berharga yang didirikan oleh sponsor.

Sejarah Bebras

Ide Bebras lahir di Lithuania, oleh Prof. Valentina Dagiene dari Universitas Vilnius. Bebras adalah bahasa Lituania untuk "berang-berang". Hal itu melintasi pikiran Prof. Valentina selama perjalanan keliling Finlandia pada tahun 2003 dan diskusi tentang bagaimana bisa membuat murid tertarik untuk belajar informatika. Kegiatan berang-berang pada helaian sangat terlihat, yang menunjukkan simbol tantangan ... Berang-berang terlihat seperti pekerja keras yang terus-menerus berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam bidang kegiatan mereka dan memberang-berang untuk mencapai target. Pekerjaan sehari-hari mereka tampaknya merupakan percobaan: Berang-berang yang menarik lebih banyak pohon akan membendung lebih banyak aliran air ... Oleh karena itu, kompetisi tersebut dinamai seperti berang-berang yang bekerja keras, cerdas, dan lincah.

Salah satu tujuan Valentina Dagiene adalah mendirikan Bebras sebagai inisiatif internasional untuk Informatika di sekolah-sekolah. Sejak awal mulanya beberapa negara Eropa telah bergabung dengan Bebras:  Estonia, Jerman, Belanda, dan Polandia adalah yang pertama kali bergabung pada tahun 2006. Austria, Latvia, dan Slovakia menyelenggarakan tantangan Bebras pertama mereka pada tahun 2007, sementara Republik Ceko dan Ukraina memulai tantangan pada tahun 2008. Pada tahun 2009, Italia bergabung dengan Bebras, dan 2010 melihat tantangan Bebras pertama di Finlandia dan Swiss. Pada tahun 2011, Perancis, Hongaria, dan Slovenia melompat masuk, dan Jepang melihat tantangan Bebras non-Eropa pertama juga tantangan uji coba dijalankan di Belgia, Kanada, Siprus, Israel, dan Spanyol. Pada tahun 2012 lebih banyak negara bergabung dengan komunitas Bebras: Bulgaria, Swedia, dan Taiwan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Labschool Rumah Keduaku

LIBURAN DAN INFORMATIKA

Pentas Seni SMP Labschool Jakarta