Liburan Sekolah 2018

Assalamualaikum! Nama saya Farhan Ramadhani Zakiyyandi, dan hari ini aku akan menceritakan tentang liburan kenaikan kelasku selama satu bulan terakhir.
Setelah pulang dari acara Pameran Seni Rupa Sekolah, aku menghabiskan sisa waktu bulan Ramadhan melakukan berbagai aktivitas. Baca Al-Qur’an, main Minecraft, nonton Youtube, shalat Lailatul Qadar, dan mempersiapkan perlengkapan untuk mudik Lebaran. Saat Lebaran, Aku, Ibu, Papa, Mbak Fina, Bulik Epi, dan Eyang Uti pergi belanja di sebuah toko cokelat untuk membeli cokelat, lalu pergi ke rumah neneknya Fandi untuk menjenguk neneknya Fandi, kerumah kerabatnya Eyang Uti, dan kerumahnya Eyang Uti Ciputat. Kemudian Aku dan Papa shalat di sebuah masjid. Setelah itu kita pergi ke supermarket Alfresh untuk membeli makanan dan perlengkapan untuk mudik Lebaran. Sisa hari tersebut digunakan untuk mempersiapkan perlengkapan untuk mudik Lebaran.
Seluruh keluargaku pergi mudik dalam waktu yang berbeda-beda. Eyang Tating pergi ke Pekalongan sekitar seminggu lebih sebelum Lebaran naik pesawat. Eyang Uti, nenekku pergi naik pesawat ke Pekalongan bersama Bulik Epi pada hari Lebaran, yaitu hari Jum’at. Aku, Ibu, Papa, dan Mbak Fina pergi ke Pekalongan naik mobil satu hari setelah Lebaran, yaitu hari Sabtu. Aku Ibu, Papa dan Mbak Fina berangkat ke Pekalongan sebelum Subuh. Setelah sampai di Pekalongan, kita pergi ke acara Halal Bi Halal di kedai makan Tongseng Spesial dimana kita bertemu lagi dengan Eyang Uti dan Bulik Epi. Di sana kita makan siang, mengenang wafatnya seorang kerabat, serta main Lanjut Kalimat. Setelah itu kita pergi ke hotel Horison Pekalongan untuk istirahat, shalat, dan mandi. Malamnya, kita makan malam di sebuah warung dan mengunjungi seorang kerabat.

Pada hari Minggu, kita sarapan di hotel Horison. Setelah itu kita berangkat dari hotel Horison untuk mengikuti acara Halal Bi Halal di sebuah SD di Jepara. Di SD tersebut diselenggarakan dua acara Halal Bi Halal, satu acara dimulai setelah yang lain berakhir. Di sana kita bertemu lagi dengan Eyang Tating. Di Antara dua acara tersebut, Aku, Ibu, Papa, dan Mbak Fina pergi kekuburan di seberang sekolah untuk mendoakan orang yang telah tiada. Setelah acara Halal Bi Halal tersebut, kita menghabiskan sisa hari di hotel @HOM.
Hari berikutnya, Aku, Ibu, dan Papa sarapan Lentog di sebuah perkumpulan warung Lentog. Lentog merupakan makanan khas Kudus. Setelah itu, kami kembali ke hotel @HOM untuk mandi. Sebelum pergi dari hotel @HOM, Aku, Ibu, Papa, Eyang Uti, Bulik Epi, dan Mbak Fina pergi ke warung Soto Kudus untuk makan pagi dan pasar Kudus untuk beli oleh-oleh serta makan siang. Lalu kembali ke hotel @HOM untuk merapikan perlengkapan mudik serta shalat Jamak Taqdim Zuhur-Ashar. Setelah itu kita semua pergi ke Semarang untuk beli oleh-oleh dan mengantarkan Eyang Uti ke bandara bersama Mbak Fina untuk pulang duluan. Aku, Ibu, Papa, dan Bulik Epi makan di sebuah kedai makan daging, pergi mengunjungi kerabat lain, lalu pergi ke Hotel Dafam untuk menginap. Aku mandi dan shalat sebelum tidur.
Esoknya, aku, Ibu, Papa, dan Bulik Epi makan pagi di hotel Dafam. Lalu aku berenang di kolam renang hotel itu. Setelah itu kita mandi dan merapikan perlengkapan mudik untuk pergi ke Cirebon. Sebelum itu, kita beli batik untuk seorang kerabat serta shalat, makan siang, dan beli oleh-oleh. Kemudian pergi ke Cibubur. Sampainya baru malam karena jalan tol mudik dan jalanan Cirebon macet parah di beberapa tempat. Setelah sampai di Cirebon, kita memesan kamar di hotel Swiss-belhotel untuk menginap. Kita makan di restoran Ta’Wan di mall yang ada di sebelah hotel tersebut, setelah itu kita mandi, shalat, dan tidur.
Hari Rabu, aku, Ibu, Papa, dan Bulik Epi sarapan pagi di tempat makan hotel. Lalu, aku berenang di kolam renang dekat tempat makan hotel. Setelah mandi, kita pergi ke Gua Sunyaragi. Kemudian kita kembali ke hotel untuk bersiap-siap untuk pulang serta shalat jamak qasar Zuhur-Ashar. Setelah itu kita makan siang dan beli Nasi Jamblang. Setelahnya kita pergi ke rumah.
Sisa waktu liburan dihabiskan pergi ke berbagai tempat, seperti Ancol, Pasar modern BSD, Kelapa Gading, Apartemen Rasuna, dan sebagainya. Selain itu, aku ikut Ibu dan Papa ke berbagai acara seperti acara pernikahan, Halal Bi Halal, dsb.  waktu membantu memasak, main game dan nonton Youtube. Aku juga pergi ke rumah sakit OMNI untuk mencari pengobatan batuk berdahak. Hari terakhir liburan dihabiskan menyampul sebagian buku paket untuk sekolah.